Royal Golden Eagle dan Visi Sukanto Tanoto untuk Menjadi Pemain Global

Sumber: inside-rge.com

Sukanto Tanoto, sang pendiri grup bisnis Royal Golden Eagle merupakan sosok yang visioner. Instingnya dalam berbisnis sangat tajam dan pandai melihat peluang. Bukan hanya itu saja, ia juga memiliki harapan besar terhadap perusahaan-perusahaan Indonesia. Melihat apa yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, ia menilai bahwa perusahaan Indonesia pun memiliki potensi untuk bersaing di panggung internasional.

Penilaian tersebut dibuktikan dengan kesuksesan Royal Golden Eagle. Bukan hanya dikenal sebagai salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia, grup bisnis yang didirikan oleh Sukanto Tanoto tersebut juga memiliki beberapa unit bisnis yang sukses menjadi pemain global. Sebut saja seperti APRIL Group dan Asian Agri. Bahkan tidak main-main, kedua perusahaan tersebut dikenal sebagai salah satu pemimpin di industrinya masing-masing.

Menjadi Produsen Pulp dan Kertas Kelas Dunia dengan APRIL Group

Nama grup bisnis Royal Golden Eagle dibesarkan oleh unit-unit bisnis yang berada di bawahnya. APRIL Group adalah salah satunya. Bahkan bisa dibilang APRIL Group merupakan salah satu unit bisnis utama RGE.

APRIL Group sendiri merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri pulp dan kertas. Perusahaan ini berkantor pusat di Singapura dengan beberapa anak perusahaan yang beroperasi di bawahnya. Meski demikian, basis perkebunannya sendiri berada di Indonesia.

Nama besar APRIL Group dalam industri pulp dan kertas tidak lepas dari jumlah produksi tahunannya. Setiap tahunnya, unit bisnis Sukanto Tanoto ini mampu memproduksi 2,8 juta ton pulp dan 1,15 juta ton kertas. APRIL Group juga memiliki produk flagship dengan merek PaperOne. Produk ini bahkan sudah digunakan oleh jutaan orang di lebih dari 70 negara.

Sepak terjang APRIL Group tidak hanya bisa dilihat dari aspek bisnisnya saja. Dalam kegiatan sosial, unit bisnis Royal Golden Eagle ini juga cukup menonjol.

Banyak program sosial yang berfokus pada pelestarian lingkungan hingga peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar dilakukan. Bahkan APRIL Group juga sukses mendapat predikat sebagai perusahaan terbaik dalam bidang UN SDGs (Sustainable Development Goals) pada Januari 2019 lalu.

Asian Agri, Perusahaan Sawit Indonesia yang Sukses Go Global

APRIL Group bukanlah satu-satunya unit bisnis Royal Golden Eagle yang sukses go internasional. Grup bisnis RGE juga memiliki reputasi bagus dalam industri sawit melalui unit bisnisnya yang lain, yakni Asian Agri.

Perusahaan sawit Sukanto Tanoto yang satu ini berkantor pusat di Jakarta, Indonesia dengan beberapa anak usaha yang menyokongnya. Total ada lebih dari 29.000 karyawan yang bekerja di Asian Agri. Namun yang membuat perusahaan ini menjadi pemain global adalah kualitas produk dan jumlah produksi tahunannya yang begitu besar.

Dalam satu tahun, unit bisnis Royal Golden Eagle ini mampu memproduksi minyak sawit mentah sebanyak 1,2 juta ton metrik. Jumlah produksi sebesar itu tidak lepas dari luas lahan yang dikelola oleh Asian Agri yang mencapai 100.000 hektar ditambah dengan 60.000 hektar dalam skema plasma. Tidak hanya itu saja, Asian Agri juga menjalin kemitraan dengan petani swadaya dengan total lahan seluas 41.000 hektar.

Kapasitas produksi yang begitu besar tidak lantas membuat Asian Agri mengesampingkan praktek operasional produksi yang ramah lingkungan. Justru sebaliknya, unit bisnis Royal Golden Eagle ini selalu menerapkan kebijakan ramah lingkungan, mulai dari mendaur ulang limbah produksinya hingga membangun Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg). Selain itu, Asian Agri juga telah mendapat sertifikat ISPO untuk setiap unit bisnis yang beroperasi di bawah naungannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *