5 Manfaat Makan Buah Salak Untuk Badan


Buah salak termasuk buah yang banyak terdapat di negeri kita. Dalam bahasa Inggris, buah ini disebut snake fruit. Mungkin alasannya ialah kulitnya yang mirip sisik ular, ya? Beberapa wilayah di Indonesia populer sebagai penghasil salak. Sebut saja, Bali dan Yogyakarta.

Meski tidak setenar pisang, pepaya atau jeruk, namun buah salak juga kaya dengan kandungan gizi. Beberapa di antaranya ialah kalsium, protein, karbohidrat, zat besi, lemak, fosfor, vitamin B, vitamin C, serat, dan mineral.

Dengan kandungan sebanyak itu, kemudian apa sajakah kebaikan buah salak? Berikut beberapa manfaat buah salak

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Salah satu kandungan buah salak ialah vitamin C. Vitamin C ini, antara lain bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan demikian, kalau rutin mengonsumsi buah salak, maka badan akan kebal terhadap serangan virus penyakit.

2. Baik Untuk Kesehatan Mata
Ternyata salak juga mengandung zat betakarotin yang tinggi. Bahkan disebutkan lebih tinggi daripada kandungan betakarotin pada tomat, mangga, semangka bahkan wortel. Jadi, buah ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan akan zat betakarotin.

3. Baik untuk Pencernaan
Kandungan salak yang terdiri dari tannin, saponin, betakaroten, flavonoid dan kalsium, menciptakan buah ini baik untuk kesehatan pencernaan. Termasuk untuk mengobati diare.
Bagaimana dengan kulit ari yang menempel pada buah salak, apakah anda sering membuangnya? Kalau iya, mulai sekarang, jangan lagi membuang kulit ari tersebut. Ternyata, kulit ari pada buah salak mengandung serat yang berkhasiat untuk membantu memperlancar pencernaan.

4. Baik Untuk Diet
Anda sedang diet? Kalau iya, cobalah lebih banyak mengonsumsi buah salak. Kandungan buah ini salah satunya ialah karbohidrat dan serat. Karbohidrat dan serat ini berkhasiat untuk mempercepat rasa kenyang dan memperlambat timbulnya rasa lapar. Karenanya, buah ini cocok untuk mereka yang sedang menjalankan kegiatan diet.

5. Baik Untuk Otak

Kandungan pottasium dan pectin yang ada pada salak terbukti baik untuk otak. Dengan kandungan tersebut, buah ini dipercaya sanggup membantu meningkatkan kinerja kerja otak. Ia juga bisa menutrisi beberapa syaraf dan memperlancar serta mengendalikan peredaran darah ke otak.

Ternyata banyak ya manfaat buah salak. Sebagai catatan, buah ini tidak dianjurkan untuk mereka yang memiliki riwayat sakit maag dan tifus. Hal ini dikarenakan adanya beberapa kandungan zat yang tidak cocok untuk penderita penyakit tersebut.

Demikian beberapa manfaat buah salak yang perlu untuk diketahui semoga sanggup dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.