5 Binatang Yang Sanggup Mendatangkan Penyakit Dari Urin

Manusia memang tidak bisalepas dari yang namanya hewan. Meskipun tidak memeliharanya secara langsung, namun ada saja hewan-hewan liar yang kehadirannya tidak diinginkan, justru hidup berdampingan di sekitar kita. Sebut saja kecoa atau tikus. Kedua binatang tersebut, secara tidak pribadi mengindikasikan kalau lingkungan kita sudah tidak higienis lagi.

Dari kehadiran hewan-hewan tersebut, justru yang paling harus diwaspadai ialah air kencingnya atau urin. Ya! Ternyata urin kedua binatang tersebut sanggup mendatangkan penyakit serius bagi manusia. Bahkan bukan hanya kedua binatang liar itu saja yang berbahaya bagi manusia. Namun ada binatang yang biasa kita pelihara juga berpotensi besar sanggup menularkan penyakit serius melalui urin. 


Berikut ialah 5 binatang yang berpotensi menularkan penyakit serius melalui urin:


1. Anjing

Anjing juga suka menandai teritorialnya, sama halnya dengan kucing. Meskipun kita sudah menyediakan daerah untuk buang air, terkadangia juga suka kencing di karpet, lantai atau bahkan sofa. Kita perlu waspada, alasannya urin anjing ternyata bisa membawa basil Leptospirosis yang sanggup menyerang kesehatanmanusia. Gejala awalnya ialah kita akan merasa flu ibarat biasa, namun parahnya sanggup mengenai fungsi ginjal manusia. Ketika kita ingin membersihkan bekas urin anjing, sangat disarankan memakai desinfektan.


2. Kucing

Siapa sangka binatang lucu, imut dan menggemaskan ini ternyata sanggup membawa penyakit serius bagi manusia. Kucing jantan mempunyai kebiasaan menandai teritorialnya dengan cara mengencingi area tertentu. Padahal urin binatang imut ini berpotensi membawa penyakit toksoplasma, dan sangat berbahaya bagi perempuan hamil. Kaprikornus sebaiknya segera bersihkan kalau kita melihat tindakan si kucing tersebut, semoga kita terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut.


3. Kecoa

Hewan yang tidak diinginkan kehadirannya ini, kerap menciptakan kita jijik. Terutama kalau kecoa tersebut tiba-tiba terbang. Seperti diketahui, binatang ini merupakan sumber penyakit, jadi kita harus tetap waspada. Di dalam badan kecoa mengandung 32 macam bakteri, virus dan juga cacing. Urin kecoa bisa mendatangkan diare, demam dan juga gatal-gatal, apalagi kalau kecoa sudah mencemari makanan di lemari makan kita. Sangat menjijikan4. TikusHewan ini kerap hadir hampir di setiap rumah kita. Urin binatang pengerat ini bisa membawa basil leptospirosis, sehingga perlu diwaspadai. Selain itu, urin tikus juga bisa membawa Hantavirus Pulmonary Syndrome yang ditandai dengan tangan yang berkeringat, demam sampai kencing berbusa. Virus ini sanggup menjadikan kesulitan bernafas bahkan sampai menjadikan kematian. Sangat mengerikan bukan?!

5.Kelalawar 

hewan ini sudah jarang ditemui belakangan ini, akan tetapi populasinya masih cukup banyak, terutama di pedesaan. Hidupnya yang bergerombol dan kotor, menjadi salah satu potensi besar dalam menularkan banyak sekali macam bakteri. Tidak kurang dari 60 virus berbahaya sanggup dibawa dan ditularkan oleh binatang ini, melalui urin dan kotorannya.

Urin kelima binatang tersebut ternyata sanggup berbahaya bagi kesehatan kita. Namun masih banyak orang yang belum menyadarinya. Tentu jalan terbaik ialah selalu menjaga kebersihan lingkungan semoga terhindar dari penyakit-penyakittersebut.
Semoga bermanfaat.